Cara Cepat Jadi Pengusaha Sukses


Dalam salah satu Interview, Richard Branson, miliyarder pemilik lebih dari 400 perusahaan besar, cerita tentang darimana dia dapat ide buat bikin maskapai Virgin Airlines.

“Waktu itu umur saya akhir dua puluh tahunan, sudah punya usaha sendiri, tapi belum banyak dikenal orang kayak sekarang. Saya sedang ada keperluan penting ke Virgin Island, tapi sialnya, setelah tiba di airport, penerbangan saya dibatalkan karena ada perbaikan pesawat atau apa tahu.  Itu pesawat terakhir yang berangkat malam itu.

Menurut saya ini benar-benar konyol. Maka saya pun men-charter pesawat pribadi buat terbang ke virgin island, tapi masalahnya, saya nggak punya duit.

Makanya saya pinjam salah satu blackboard kecil disekitar situ, menulis  “Virgin Island, $29”  dan menemui sekumpulan orang yang nasibnya sama dengan saya, mau pergi kesana tapi penerbangannya dibatalkan juga. Saya jual tiket buat sisa bangku yang kosong dipesawat charteran, jadi pada akhirnya saya mencharter pesawat itu dan pergi ke virgin island pakai duit mereka.”

Pelajaran dari kisah ini;Kalo kamu mau jadi pengusaha sukses yang punya duit milyaran dolar, Kamu harus…

1. Kreatif.

Apa yang bakal dilakukan kebanyakan orang kalo pesawatnya di-Cancel?
Marah-marah, merengut dan pulang lagi kerumah sambil mencaki-maki pemerintah?
Seorang Entrepreneur itu selalu bisa merubah masalah jadi peluang. Contoh ;
- Kalo kamu lagi jalan-jalan ke suatu tempat, kelaparan dan kehausan gara-gara susah nyari tukang makanan, buka warung makan disitu.
- Kalo istri kamu ngeluh uang popok bayi mahal karena sekali pakai harus langsung dibuang, kamu produksi pampers kain yang bisa dicuci ulang, pakai sendiri dan jual ke orang lain yang butuh.

Carilah masalah yang bikin kamu kesal tiap hari, temukan solusinya, lalu jual. Karena kemungkinan besar orang lain juga mengalami hal yang sama. It’s that simple. Ide bisnis itu ada dimana-mana.

2. Berani

Jangan gengsi. Orang Indonesia paling malu dengan yang namanya jualan. Takut ditolak, takut diketawain;  masa sarjana jadi sales sih. Tahukah kamu, Aburizal bakrie, Richard branson, dan semua miliyarder lain itu dapat duit dari  berjualan barang/jasa?
Kalo kamu nyolong duit tetangga, baru kamu pantas malu.

Kalo kamu lari telanjang keliling Pasar Tanah Abang sambil nyanyi lagu Indonesia Raya, baru kamu pantas malu.

Jualan kok pake malu segala?
Miliyarder sekelas Richard Branson aja nggak malu kok jualan tiket pesawat.

3. Jangan kebanyakan mikir.

Kalau sudah jelas mau mulai bisnis, langsung ACTION! Jangan cuma dipikirin, direvisi dan ditunda-tunda. Orang  yang  pintar itu membuat hal rumit  jadi  mudah,  sementara  orang  bodoh  suka  bikin rumit hal-hal gampang. Kalo kamu terus menunggu waktu yang tepat, kamu bakal menunggu selamanya.
Suatu hari nanti, kamu bakal tua, sakit encok, nggak punya duit dan menyesal kenapa kamu nggak mulai mewujudkan mimpi kamu dari dulu. (InsyaAllah, siapa tahu kamu keburu mati muda duluan gara-gara stress mikirin harga BBM).

Sumber
Share on Google Plus

About Unknown

0 komentar:

Posting Komentar