3 Hambatan Jadi Pengusaha Sukses di Indonesia

Menurut Chairul Tandjung ada 3 hal penghalang untuk menjadi pengusaha sukses di Indonesia saat ini. Hambatan ini, menurutnya, hingga sekarang belum menemukan jalan keluar yang signifikan.
Chairul Tandjung yang telah menerbitkan buku biografinya berjudul 'Si Anak Singkong' itu mengatakan hambatan pertama untuk menjadi pengusaha sukses adalah birokrasi. Sulitnya birokrasi menjadi penghalang seseorang untuk menjadi pengusaha karena terkait izin.
"Pertama birokrasi, dan ini memang waktu perubahannya masih lama. Tapi saya kagum dengan Surabaya yang nantinya usaha tidak perlu bertemu lagi dengan birokrat. Jadi bisa melalui website," ungkap Chairul di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Senin (12/11).
Masalah kedua dalam pengembangan usaha menurutnya adalah infrastruktur. Amburadulnya infrastruktur akan menambah biaya operasional. Apalagi jika usaha tersebut dilakukan di daerah yang masih sangat minim infrastruktur.

"Sekarang infrastruktur masih menjadi penghalang," tambahnya.
Kemudian penghalang ketiga adalah korupsi. Korupsi disebut sebagai penghalang karena akan membuat bangkrut. Menurut CT, panggilan akrab Chairul Tandjung, beberapa tahun lalu, korupsi merupakan penghalang pertama, namun saat ini menjadi urutan ketiga.

"Sekarang korupsi sudah nomor tiga. Walaupun kita tidak menghilangkan korupsi ini, tapi berkuranglah korupsi di Indonesia," pungkasnya.

Sumber
Share on Google Plus

About Unknown

0 komentar:

Posting Komentar